Minggu, 21 Mei 2017

Cara Zip File berkerja

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sebuah konten video youtube yang berjudul "How Do Zip Files Works" yang dipublikasikan oleh WASTETIME. Video ini berdurasi 7 menit 24 detik dan dipublikasikan pada tanggal 17 May 2017 yang sekarang telah ditonton oleh lebih dari 14ribu kali. Video tersebut bisa dilihat di https://youtu.be/hpdcWwkRD5c.


Video ini membahas tentang bagaimana cara sebuah file zip berkerja dan alasan kenapa ukuran zip file lebih kecil dibanding dengan ukuran file normalnya. Dalam video ini dikatakan bahwa sebuah zip file bisa lebih kecil daripada ukuran aslinya karena dalam Zip file character yang paling banyak muncul di reprensentasikan dengan 1 bit saja. Misalnya dalam 1 file character yang paling sering muncul adalah 'A' maka, 'a' akan direpresentasikan dengan 0 dan yang kedua sering muncul direpresntasikan dengan 1 dan yang ketiga sering muncul direpresntasikan denagn 00 begitu seterusnya. Sedangkan dalam file biasa atau file bukan zip 1 karakter direpresentasikan dengan  8 bit.

Video ini sangat menarik karena dapat menjelaskan kenapa sebuah zip file ukuranya reltif lebih kecil dibandingkan file aslinya. Selain itu penjelasan dilakukan dengan banuan animasi yang dapat mempermudah penonton untuk mengetahui maksud dari penjelasan yang diberikan dan menyenangkan untuk ditonton.

Github Account : FaisalRizky
Author Video : WASTETIME
Pemetaan : Week09
Revisi Pertama : 22 Mei 2017
Revisi Terakhir:  22 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar